Bee pollen Berpotensi bantu mengatasi osteoporosis

Pos

Bee pollen adalah komponen berbentuk seperti butiran-butiran kecil yang dibuat oleh lebah pekerja saat berada di atas bunga, dan terdiri dari pollen, saliva atau liur lebah, serta bagian dari bunga yang diambil oleh lebah, yakni nektar. Tak kalah dengan madu dan royal jelly, manfaat bee pollen untuk kesehatan juga ternyata beragam.Untuk lebah, bee pollen ini sebenarnya digunakan sebagai makanan. Oleh karena itu, setelah butiran-butiran bee pollen terbentuk, lebah akan membawanya kembali ke sarang. Untuk mengambil bee pollen dari sarang lebah, para peternak sudah memiliki caranya sendiri agar lebah tetap memiliki cadangan makanan yang cukup.

Manfaat bee pollen untuk kesehatan

Hingga saat ini, penelitian mengenai produk lebah, termasuk khasiat bee pollen, untuk kesehatan tubuh memang masih terbatas. Meskipun masih terbatas, banyak nutrisi, vitamin, mineral, dan asam amino yang baik untuk kesehatan.Berikut ini beberapa manfaatnya yang pernah diteliti secara ilmiah.

1. Mengatasi alergi

Salah satu manfaat bee pollen yang paling sering terdengar adalah meredakan alergi musiman, seperti rinitis alergi.Sebab, mengonsumsi bee pollen dinilai dapat membantu tubuh membangun resistensi atau daya tahan terhadap bahan-bahan pemicu alergi. Hal tersebut kemudian akan membantu tubuh untuk meredakan gejala alergi yang terjadi.Belum banyak penelitian yang bisa memastikan khasiat bee pollen yang satu ini secara klinis. Namun, pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, bee pollen terbukti dapat menghambat produksi histamin, komponen yang bisa memicu alergi di tubuh.

2. Membantu menurunkan kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, bee pollen terbukti dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol secara keseluruhan. Namun, untuk memastikan khasiat ini pada manusia, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

3. Baik untuk kesehatan hati

Masih melalui penelitian menggunakan hewan uji, bee pollen terbukti dapat mencegah kerusakan hati, dan bahkan membantu perbaikan sel hati yang rusak akibat konsumsi alkohol berlebih dan penggunaan obat-obatan.

4. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis

Bee pollen mengandung berbagai macam antioksidan, di antaranya flavonoid, carotenoid, dan kaempferol. Antikosidan inilah yang akan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit akibat paparan radikal bebas berlebih, seperti diabetes tipe dua dan penyakit jantung.

5. Mengatasi pembengkakan dan peradangan di tubuh

Secara tradisional, bee pollen memang biasa digunakan untuk meredakan pembengkakan serta peradangan. Secara ilmiah, manfaat bee pollen yang satu ini telah dibuktikan dengan penelitan pada hewan uji serta riset di laboratorium.

6. Berpotensi bantu mengatasi osteoporosis

Salah satu manfaat bee pollen adalah untuk membantu mengatasi osteoporosis. Bee pollen terbukti dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfat di tulang serta melindungi tubuh dari kerusakan tulang akibat osteoporosis. Manfaat bee pollen yang satu ini, diketahui dari penelitian pada hewan uji, sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

7. Mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi

Khasiat bee pollen yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan dan antiperadangan. Jadi, membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan antimikrobialnya pun berpotensi mencegah terjadinya infeksi pada luka.

8. Berpotensi mencegah kanker

Manfaat bee pollen yang satu ini belum terbukti secara klinis. Namun, melalui penelitian yang dilakukan di laboratorium menggunakan sampel sel yang ada, komponen pada bee pollen berpotensi menurunkan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker darah (leukemia).

9. Meredakan gejala menopause

Menopause, pada beberapa wanita, bisa menimbulkan gejala seperti keringat berlebih, mood swings, hingga gangguan tidur. Khasiat bee pollen dinilai dapat membantu mengurangi munculnya gejala-gejala tersebut.

10. Berpotensi membantu tubuh menyerap nutrisi

Manfaat bee pollen selanjutnya adalah berpotensi membantu tubuh menyerap nutrisi secara maksimal.Sebuah studi pada hewan uji terbitan Journal of Agricultural and Food Chemistry membuktikan, tikus yang mengalami kekurangan zat besi mampu menyerap 66 persen lebih banyak zat besi setelah diberikan bee pollen.Hal ini dapat terjadi karena bee pollen mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan penyerapan zat besi.Tikus yang sehat pun mampu menyerap kalsium dan fosfor lebih banyak setelah mengonsumsi bee pollen.Namun manfaat bee pollen yang satu ini masih perlu dibuktikan lebih lanjut, terutama pada manusia.

11. Berpotensi mengurangi nyeri saat maag

Dikutip dari riset terbitan Experimental & Clinical Gastroenterology, manfaat bee pollen untuk maag bekerja dengan cara mencegah pergerakan lambung yang menyakitkan. Namun, potensi khasiat bee pollen ini membutuhkan penelitian lebih lanjut karena riset masih menggunakan uji pada hewan, bukan manusia.

sumber : sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *